Google
 

Monday, November 26, 2007

Memanfaatkan Blog

Blog pada hakikatnya adalah alat yang memudahkan seseorang menuliskan apa yang dipikirkannya melalui suatu jurnal bertanggal. Isi blog umumnya adalah ungkapan pribadi penulis terhadap lingkungan sekitarnya. Bentuknya bisa sekedar curhat, membagi ilmu, komentar terhadap suatu berita, cerita sehari-hari, dll. Kunci utama suatu blog adalah: kejujuran, transparansi, otentik, dan passion dari penulisnya.

Media yang tadinya hanya dipakai sedikit orang dan bersifat independen, seiring dengan kepopulerannya, blog makin menarik perhatian para pemasar online. Pada awalnya, blog hanya dipakai sebagai media PR beberapa korporat. Blog dipakai sebagai media komunikasi berita dan info seputar aktivitas korporat.

Bila misalnya, karena suatu kasus sebuah perusahaan menghadapi masalah yang mencoreng nama perusahaan, blog menjadi salah satu alat yang dipakai untuk menjernihkan permasalahan. Blog menjadi media interaktif dengan komentar dan kritik terbuka dari pengunjung yang langsung dijawab oleh perusahaan bersangkutan. Salah satu contoh blog yang dianggap berhasil adalah Stormhoek, wine dari Afrika Selatan, yang melakukan taktik pemasaran dengan melakukan pendekatan ke komunitas blog.